Selasa, 24 April 2018

Berita


PEKANBARU
Oleh : Susi Sri Rahayu

Pekanbaru adalah ibu kota dari provinsi Riau yang terkenal dengan julukan Pekanbaru kota bertuah yang berarti bersih, tertib, usaha bersama, aman dan harmonis. Kota Pekanbaru merupakan salah satu kota yang tingkat pertumbuhan penduduk nya relatif pesat, terbukti bahwa kemacetan di kota ini juga hampir menjadi ciri khasnya. Pekanbaru diambil dari dua kata yaitu pekan yang berarti pekan atau pasar dan baru yang berarti baru. Kota ini didirikan oleh salah satu pedagang yang mampir ke tepian sungai siak yang saat ini disebut dengan Senapelan. Pekanbaru terletak ditengah-tengah provinsi Riau sehingga di wilayah Pekanbaru tidak ada laut ataupun pantai. Pekanbaru juga dilintasi oleh aliran sungai yaitu sungai Siak.
Kota Pekanbaru juga pernah mendapatkan Adipura karena menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia. Pekanbaru memiliki penduduk yang mayoritas penduduknya bersuku melayu namun karena Pekanbaru merupakan ibu kota provinsi Riau maka penduduknya juga cenderung beraneka suku seperti suku Jawa, Minang, Batak, dll. Kota Pekanbaru mempunyai bandar udara yang bernama Sultan Syarif Kasim II yang diambil dari salah satu nama raja di siak. Selain memiliki bandara Internasional, kota ini juga memiliki dua pelabuhan dan satu terminal bus.
Agama islam juga merupakan agama yang dominan di kota Pekanbaru dan diikuti oleh agama-agama lainnya seperti agama Kristen, Buddha, Katolik, Khonghucu dan Hindu. Kota Pekanbaru juga memiliki beberapa kecamatan yang diantaranya kecamatan Bukit Raya, Lima Puluh, Marpoyan Damai, Payung Sekaki, Pekanbaru kota, Tenayan Raya, Rumbai, Tampan, dll. Karena wilayahnya yang cukup luas pekanbaru membagi setiap kecamatan menjadi beberapa kelurahan yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di kota Pekanbaru.
Karena Pekanbaru merupakan satu kota yang masyarakat nya tergolong maju dan modren Pekanbaru mempunyai beberapa fasilitas kota seperti PLTU yang terletak di kecamatan Tenayan Raya. Demi kemajuan kota pemerintah juga sedang membangun akses jalan tol Pekanbaru-Dumai untuk mempermudah masyarakatnya dalam berkendara keluar kota maupun keluar provinsi. Pekanbaru juga memiliki ciri khas yang sangat menonjol yaitu kebudayaan yang bertemakan melayu, mulai dari bangunan, makanan, pakaian, musik maupun keseniannya (Pekanbaru, 16/04).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar