Kamis, 26 April 2018

Berita


PENDIDIKAN BUDAYA FORMAL
Oleh : Susi Sri Rahayu

PEKANBARU (19/4), di kota Pekanbaru terdapat banyak sekolah-sekolah yang berguna mendidik anak bangsa menjadi lebih baik lagi serta mencintai budayanya. Salah satu Sekolah Menengah Atas di Pekanbaru ialah SMAN 1, disekolah ini diajarkan berbagai mata pelajaran termasuk salah satunya ialah pelajaran seni budaya dan prakarya yang mewajibkan siswanya untuk mempelajari dan membuat sebuah karya seni tentang kebudayaan. Di sekolah SMAN 1 ini setiap mata pelajaran seni budaya siswanya selalu membawa alat musik dan mempelajari not-not yang berkaitan dengan lagu daerah.
 Sedangkan pelajaran prakarya ialah membuat sesuatu yang bernilai seni seperti menjahit pucuk rebung melayu menggunakan benang mas. Dengan kegiatan disekolah tersebut membuktikan bahwa pendidikan budaya di bidang formal sangat berjalan dengan baik dan dinilai penting oleh guru-guru serta didukung oleh kurikulum yang ada. Apalagi saat ini kurikulum 2013 yang mendidik siswanya untuk menjadi manusia yang berkarakter dan memiliki nilai budaya di dalamnya.
Selain diwajibkan membawa dan mempelajari seni musik, sekolah-sekolah di Pekanbaru juga mengajarkan siswanya agar dapat menari terutama tarian tradisional contohnya tarian rentak bulian. Dalam mempelajari seni tari, biasanya pihak sekolah menjadikan guru seni budaya untuk mengajarkan tari. Selain guru seni budaya pihak sekolah juga sering mendatangkan guru seni dari luar sekolah yang dinilai profesional di bidangnya. Sekolah dan pemerintah memang sangat melestarikan kebudayaan melalui pendidikan. Setiap tahunnya Pekanbaru juga mengadakan kegiatan tari masal daerah yang peserta nya adalah seluruh sekolah di Pekanbaru. Pemerintah kota juga menyediakan hadiah untuk sekolah yang paling serentak dan dinilai kompak maka akan mendapatkan hadiah. Hal ini untuk memacu siswa agar lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan tersebut sehingga siswa dan gurunya lebih perduli akan kebudayaan yang terdapat di daerah tempat tinggal kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar